Sambutan Kepala Madrasah

Senin, 31 Januari 2022

Dubes RI untuk Uzbekistan Serahkan Set Angklung kepada SamSIFL Samarkand


POSKOTAJABAR, SAMARKAND
.

Dalam rangka promosi budaya Indonesia dan melestarikan budaya angklung asal Jawa Barat (Jabar), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tashkent, Uzbekistan menyerahkan satu set angklung kepada Samarkand State Institute of Foreign Languages (SamSIFL) di Samarkand, Uzbekistan. 

Angklung yang berasal dari Saung Udjo Bandung itu, diserahkan langsung oleh Duta Besar (Dubes RI) untuk Uzbekistan merangkap Kyrgyzstan, Sunaryo Kartadinata, Sabtu (17/04/2021).

"Kami mengharapkan dengan adanya angklung, semakin banyak pemuda-pemudi Uzbekistan yang tertarik dengan budaya dan bahasa Indonesia. Sehingga, budaya kita semakin dikenal di Uzbekistan dan Kyrgyzstan," kata Sunaryo Kartadinata dalam rilis dari KBRI Uzbekistan dan yang diterima POSKOTAJABAR, Rabu (21/04/2021).

Menurut Dubes Sunaryo Kartadinata, sejalan dengan makin eratnya hubungan antara Indonesia dengan Uzbekistan, pihak Samarkand State Institute of Foreign Languages di Samarkand, Uzbekistan memasukan mata kuliah Bahasa Indonesia.

"Ini sangat membanggakan karena ternyata masyarakat Uzbekistan, khususnya perguruan tinggi, sangat tertarik dengan Indonesia. Sehingga, di institut tersebut mahasiswa Uzbekistan mempelajari Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata kuliah," ujar Sunaryo.

Diungkapkan Dubes Sunaryo, pemerintah Indonesia melalui Program BIPA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemndikbud) setiap tahun mengirim guru BIPA ke Uzbekistan.

Sementara itu, Rektor SamSIFL, Mr. Ilkhomjon Tukhtasinov, mengatakan, acara ini merupakan momentum yang besar dalam sejarah kerja sama pendidikan dan budaya Indonesia-Uzbekistan. 

"Saya berharap, mahasiswa Uzbekistan yang kini belajar bahasa Indonesia, ke depannya menjadi pionir penerus hubungan Indonesia-Uzbekistan," ungkap  Ilkhomjon Tukhtasino .

Seperti dilaporkan Staf KBRI di Tashkent, Uzbekistan merangkap Kirgystan, M. Mufti Rakadia, penyerahan angklung dengan skala besar seperti ini merupakan pertama kali di Uzbekistan.

"Dalam sejarah persahabatan antara Indonesia dan Uzbekistan, pemberian kenang-kenangan berupa perangkat musik tradisional asli Jabar itu baru sekarang ini," kata M. Mufti Rakadia dalam rilisnya.

Pada acara penyerahan angklung tersebut, para mahasiswa Uzbekistan yang baru pertama kali memegang angklung, turut memainkan beberapa lagu Indonesia meskipun hanya melakukan latihan dalam waktu singkat.

Kata M. Mufti Rakadia, lagu yang dimainkan antara lain Burung Kaka Tua dan Edelweiss. Mereka  tidak lupa juga dimainkan lagu populer Uzbekistan yaitu Chaykhana. (nst)

sumber:  https://jabar.poskota.co.id/2021/04/21/dubes-ri-untuk-uzbekistan-serahkan-set-angklung-kepada-samsifl-samarkand?halaman=2