Sambutan Kepala Madrasah

Rabu, 15 Maret 2017

Sunaryo Kartadinata Kembali Pimpin UPI

JAKARTA - Selama lima tahun ke depan, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kembali dipimpin Prof Sunaryo Kartadinata. Kamis, 17 Juni, kemarin, Sunaryo mendapatkan suara terbanyak dalam rapat pleno Majelis Wali Amanat (MWA) UPI di kantor Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Jakarta.

Dengan program kerja Mengembangkan UPI Menuju Universitas Kelas Dunia dalam Bidang Pendidikan, Sunaryo meraih 18 suara, sementara kandidat lain Prof Furqon meraih empat suara, dan Prof Chaedar hanya mengantongi dua suara.

“Dalam pemilihan ini tidak ada yang menang atau kalah. Yang menang dan kalah tidak ada persoalan karena ini untuk UPI. Semua yang menjadi calon Rektor merupakan SDM yang berpotensial dan terbaik yang dimiliki oleh UPI,” tutur Sunaryo seperti dikutip dari situs UPI di Jakarta, Jumat (18/6/2010). 

Pada rapat tersebut seharusnya 20 orang anggota MWA dan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M NUh. Namun, dua anggota MWA yaitu Gubernur Jawa Barat Ahmad Herywan dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla berhalangan hadir. Akibatnya, voting yang berakhir pukul 19.30 WIB tersebut dilakukan oleh 17 orang anggota MWA, kecuali untuk calon incumbent (Sunaryo).

 “Porsi suaranya adalah 35 persen di tangan Mendiknas atau 8,62 persen dan sisanya dipresentasikan pada 17 anggota MWA lainnya,” ucap Ketua Panitia Pemilihan Rektor UPI masa bakti 2010-2015, Prof Dadang Sunendar.

Sebelumnya, rapat pemilihan tingkat Senat UPI, menetapkan tiga nama bakal calon rektor UPI, yaitu Rektor UPI 2005-2010 dan Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Prof Dr H Sunaryo Kartadinata, M Td. (38 suara), Guru Besar FIP Prof H Furqon, MA, Ph.D (24 suara), serta Guru Besar Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Prof Dr H Adeng Chaedar Alwasilah, MA (17 suara).

Rektor terpilih akan dilantik pada 2 Juli 2010 mendatang di Kampus UPI Jalan Setiabudhi, Bandung, oleh Ketua MWA Ginandjar Kartasasmita. Hal ini sesuai status UPI sebagai perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN). 

Sebagai rektor terpilih, Mendiknas berpesan kepada Sunaryo agar dapat membawa serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik yakni guru melalui UPI. “Begitu juga agar UPI dapat membantu Kemendiknas terutama segala persoalan di bidang pendidikan,” ucapnya.
(rhs)
 
Sumber: http://news.okezone.com