Sambutan Kepala Madrasah

Rabu, 22 Maret 2017

Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata Luncurkan Buku Terbaru

RMOLJabar. Rektor UPI Prof. Dr.Sunaryo Kartadinata. M.Pd meluncurkan buku terbarunya yang berjudul "Politik Jati Diri; Telaah Filosofi dan Praksis Pendidikan bagi Penguatan Jati Diri Bangsa" pada Selasa (9/9).

Dalam buku tersebut, berisi tentang perjalanan pemikirannya yang berupa tulisan kumpulan sejak tahun 2004. Keanekaragaman merupakan jati diri bangsa.

Keanekaragaman di Indonesia sangat bebeda dengan keanekaragaman di Amerika. Beragam budaya di Amerika terjadi karena banyaknya imigran dari negara lain.

Keberagaman budaya di Indonesia terjadi sejak jaman kerajaan. Politik jati diri sesungguhnya adalah argumen politik. 

Politik berpikir tentang perkembangan bangsa ini yang didasarkan pada jati diri yang mempunyai keterkaitan dengan sejarah, falsafah, ras, bahasa, seni, sistem keyakinan, orientasi kehidupan, tradisi, dan estetika.

Arus globalisasi dinilai dapat melunturkan jati diri bangsa. Inovasi yang terjadi sesungguhnya adalah proses adaptasi manusia terhadap dunia yang dituntut oleh arus globalisasi yang semakin dinamis.

Prof. Dr. Sunaryo disebut-sebut sebagai kandidat kuat calon menteri pada pemerintahan Jokowi-JK.

Ditanya tentang hal tersebut, Sunaryo tak banyak berkomentar.
"Jangan berandai-andai, pokoknya kita hadapi sekarang. Ini kan bukan tugas sesaat, Jadi kita lihat saja nanti,"ungkapnya ketika ditemui di
Gedung BPU UPI Bandung.[ai]

Sumber:www.rmoljabar.com